Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manokwari (BP2LHK Manokwari)
Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manokwari (BP2LHK Manokwari)

Srikandi Pertama Balai Penelitian Kehutanan Manokwari Peraih Gelar Doktor

kobochan 15 Agustus 2015 Tidak ada Komentar
MANOKWARI (14 JULI 2015),  Doktor Susan Salosa, salah satu putri terbaik Papua, Peneliti pada Balai Penelitian Kehutanan Manokwari telah berhasil menyelesaikan studi S3 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Disertasi yang berjudul  “Pengembangan Konsep Agya Ser Hanjop Dalam Rancang Bangun Pengelolaan Hutan Cagar Alam Pegunungan Arfak Papua” telah berhasil dipertahankan dihadapan para penguji pada tanggal 11 Juli 2015. Prof San Afri selaku promotor menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang dicapai oleh yang bersangkutan. Beliau juga menyampaikan agar Susan lebih bisa berkiprah dalam dunia kehutanan, lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di daerah. Papua harus dibangun dan andalah yang harus menjadi pelopor. Susan ... read more..

KOPI KASUARI (“Upaya Konservasi Kasuari Melalui Masyarakat Sekitar Hutan Di Papua Barat”)

kobochan 11 Agustus 2015 Tidak ada Komentar
BPK Manokwari (Manokwari, 2015)_Kasuari, ya salah satu burung langka yang dilindungi di Papua. Kondisi saat ini telah mendapat ancaman baik secara langsung maupun tidak langsung. Kondisi habitat yang telah berubah, dapat menjadi ancaman yang secara tidak langsung ditambah lagi dengan adanya perburuan yang dapat mempengaruhi keberadaan Kasuari. Keberadaan satwa ini selalu menjadi incaran para pemburu untuk diambil telur, daging maupun bulunya sebagai pelengkap aksesoris pakaian adat. Tidak semua suku yang ada di Papua memanfaatkan burung sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani maupun sebagai pelengkap aseksoris pakaian adat. Demikian disampaikan Hadi Warsito, S.Hut, M.Sc, peneliti Balai Penelitian Kehutanan Manokwari (BPK Manokwari) Hasil penelitian Warsito ... read more..

HASIL LITBANG, MENUJU PEMBANGUNAN KEHUTANAN YANG LESTARI

kobochan Tidak ada Komentar
BPK Manokwari (Manokwari, 05/06/2015). Dengan ditandainya pemukulan Tifa sebanyak lima kali, maka acara Ekpose Hasil Penelitian dan Pengembangan Balai Penelitian Kehutanan Manokwari resmi di Buka oleh Asisten III Setda Provinsi Papua Barat,  Fransiskus Kosama.  Tifa adalah alat musik tradisional yang digunakan untuk upacara dan acara adat suku-suku di Papua. Bertempat di Swis-belhotel Manokwari, Balai penelitian dan kehutanan Manokwari menyelenggarkan Ekspose hasil Penelitian dan Pengembangan. Tema dalam acara ini adalah Hasil-hasil Penelitian dan Pengembangan untuk mendukung pembangunan Sektor Kehutanan di Tanah Papua. Acara ini terselenggara sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat  sekaligus mendesiminasikan hasil litbang, ungkap Kepala Balai Penelitian Kehutanan Manokwari, ... read more..

Seminar Rencana Operasional Penelitian (ROP) Tahun 2015

kobochan Tidak ada Komentar
Manokwari (22 April 2014). Balai Penelitian Kehutanan Manokwari (BPKM), sesuai Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 34/Menhut-II/2011 tanggal 24 April 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Penelitian Kehutanan Manokwari, memiliki tugas pokok yaitu : Melaksanakan Penelitian di Bidang  Hutan dan Konservasi Alam, Hutan Tanaman; Hasil Hutan; Sosial Budaya; Ekonomi dan Lingkungan Kehutanan, pada Tahun Anggaran 2015 akan melaksanakan 5 topik / judul penelitian. Untuk mendukung kemanfaatan hasil-hasilnya perlu dilaksanakan Seminar Rencana Operasional Penelitian  (ROP) yang melibatkan berbagai pihak dan narasumber dibidangnya.  Kepala Balai Penelitian Manokwari, Bagus Novianto menyampaikan bahwa  Seminar ROP ini bertujuan sebagai forum untuk menjaring saran, masukan dan perbaikan ... read more..

Mengenal Karbon….

kobochan Tidak ada Komentar
Apa itu Karbon Hutan? Manokwari. Karbon, tentu kita sudah lama mendengar istilah tersebut. Di koran, televisi, intenet dan radio orang banyak membicarakan dan membahas mengenai perubahan iklim yang didalamnya termasuk mengenai karbon, utamanya karbon yang berada di dalam hutan. Jadi apa sebenarnya karbon hutan itu? Karbon adalah unsur alam yang memiliki lambang “C” dengan nilai atom 12. Karbon merupakan salah satu unsur utama pembentuk bahan organik dari makhluk hidup. Hampir setengah dari organisme hidup pada dasarnya merupakan karbon. Karenanya secara alami karbon banyak tersimpan di bumi (darat dan laut) dari pada di atmosfer. Karbon tersimpan dalam daratan bumi dalam bentuk ... read more..

INDOGREEN FORESTRY EXPO 7TH 2015

kobochan Tidak ada Komentar
(Manokwari, 15/04/2014)_ Indogreen Forestry Expo adalah sebuah pameran kehutanan yang sudah tujuh tahun diselenggarakan secara rutin.  Tahun 2015 bertempat di Jakarta Convention Center, Hall B, acara ini digelar. Dr. Yetty Rusli,  Staf Ahli Menteri Bidang Lingkungan dan Perubahan Iklim, mewakili Ibu Menteri menyampaikan bahwa “Pameran ini menjadi media untuk mengenalkan pesona potensi wisata alam hutan beserta produk, jasa dan teknologi lingkungan dan kehutanan”. Dalam sambutan yang dibacakannya, Menteri LHK juga menyatakan bahwa arena ini juga menjadi arena sosialisasi capaian kinerja dan aksesibilitas setiap lembaga, pemerintah pusat, Pemda, dibidang masing-masing. “Pameran Indogreen Expo 2015 ini juga menjadi awal yang baik untuk mengkonsolidasikan ... read more..

MENGENAL MAMBRUK, IKON KOTA MANOKWARI

kobochan Tidak ada Komentar
Keanekaragaman jenis burung di Papua Yang merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki sekitar 649 jenis dengan tingkat endemis 52% (Sujatnika et al, 1995). Dari 1.539 jenis burung (17% dari jenis burung di dunia) dengan jumlah jenis endemis sekitar 381 jenis burung yang ada di Indonesia. Burung Mambruk merupakan jenis satwa burung langka yang saat ini telah mengalami tekanan, baik habitat maupun populasinya. Ancaman diperparah dengan meningkatnya kegiatan pembalakan dan perambahan hutan yang merusak tempat hidup (habitat) burung. Shannaz, Jepson dan Rudyanto (1995), mengatakan bahwa hutan merupakan habitat terpenting (85%) untuk burung-burung terancam punah. Sementara Mukhtar (1994), ... read more..

MENGENAL MASOI, HHBK ANDALAN PAPUA

kobochan 9 Agustus 2015 Tidak ada Komentar
Beberapa jenis produk HHBK di Indonesia telah lama diusahakan dan diambil hasilnya oleh masyarakat sekitar hutan untuk mencukupi  kebutuhan mereka. Bahkan sebagian masyarakat menggunakan produk-produk HHBK sebagai alternatif mata pencaharian ketika terjadi kesulitan ekonomi atau bahkan satu-satunya sumber penghasilan. Salah satu jenis HHBK yang menjadi primadona di Papua adalah masoi (Cryptoria sp). Walaupun telah diekploitasi dan diekstraksi sejak tahun 1980-an, status jenis ini saat ini belum jelas berapa besar potensi riil di alam dan kondisinya. Secara umum keberadaan populasi pohon ini di Maluku sudah sangat sulit ditemukan dan aktivitas pemanfaatan nilai ekonomis pohon massoi dalam skala besar saat ini hanya berlangsung ... read more..

Potensi Mangrove

kobochan Tidak ada Komentar
Papua memiliki keanekaragaman hutan yang cukup lengkap. Salah satunya adalah hutan mangrove. Hutan mangrove mempunyai fungsi yang sangat vital untuk menjaga kestabilan ekosistem. Secara fisik hutan mangrove menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dan tebing sungai, mencegah terjadinya erosi laut serta sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah, mempercepat perluasan lahan, melindungi daerah di belakang mangrove dari hempasan dan gelombang dan angin kencang; mencegah intrusi garam (salt intrution) ke arah darat; mengolah limbah organik, dan sebagainya. Secara biologi hutan mangrove mempunyai fungsi sebagai daerah berkembang biak (nursery ground), tempat memijah (spawning ground), dan mencari makanan (feeding ground) untuk berbagai organisme ... read more..

MENGENAL LEBIH DEKAT SI IMUT DARI PAPUA

kobochan 8 Agustus 2015 Tidak ada Komentar
Manokwari – Tanah Papua atau Bumi Cenderawasih merupakan benteng terakhir bagi kelestarian megabiodiversity flora dan fauna yang ada saat ini. Banyak hal yang khas dan endemik yang dapat kita jumpai di sana. Salah satu hewan endemik yang ada adalah kuskus yang sangat menggemaskan. Untuk menjaga mereka perlu penanganan serius. Salah satu jenis Kuskus adalah Kuskus Bertotol Biasa (Spilocuscus maculatus Desmarest). Kuskus ini  termasuk salah satu jenis kuskus dari family Phalangeridae yang dilindungi (Peraturan Pemerintah RI No. 7 Tahun 1999). Balai Penelitian Kehutanan Manokwari telah memulai melaksanakan penelitian tentang satwa ini, Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh data ekologi dan habitat maupun ... read more..


Artikel Terkait :


Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Youtube
Hide Buttons